Jogja Istimewa karena “Mereka”

Narsis di salah satu karya


Bulan Juni – Juli tahun ini Jogja lagi ramai – ramainya, karena salin bertepatan dengan liburan semester yang lanjut libur sebelum puasa dan sebentar lagi libur lebaran. Tapi yang membuat Jogja sangat istimewa karena di akhir bulan Juli sampai pertengan bulan Juli tahun ini, para pencinta Jogja, seniman, budayawan ataupun warga Jogja sendiri bikin acara super keren banget. Acara itu adalah Pasar Kangen Jogja yang di lanjut Festival Kesenian Yogyakarta dan Art Jog 13.


Pasar Kangen Jogja

Gerbang Masuk Pasar Kangen Jogja
  
Acara ini diadakan di Taman Budaya Yogyakarta pada tanggal 19 – 24 Juni 2013. Kalau yang belum tahun Taman Budaya Yogyakarta (TBY) ini berada dimana, TBY ini ada di sebelah utara Taman Pintar/Shopping Center. Hari Minggu, 23 Juni 2013 akhirnya aku menyempatkan diri untuk kangenan sama Pasar Kangen Jogja dan ditemani oleh Edow dan Uyun. Hahaha ... ngajakin meraka yang galau gak ketulungan dech.

Batman at TBY

Suasana sudut Pasar Kangen Jogja

Duo Galauers

Sedang Menikmati

Menarsis sek ndak edan - Duo Galauers

Suasana Pameran Batik

Your Capture

Nah... di Pasar Kangen Jogja ini menampilkan aneka kesenian tradisioanl atau sebuah pertunjukan budaya yang sering aku lihat waktu kecil. Selain itu ada Pameran Lukisan atau pameran Batik , karena yang di display ada banyak banget motif–motif batik. Nah dan yang terpenting adalah namanya juga pasar kangen, ketika kami masuk gerbang ke pasar kangen tadi sudah di suguhi aneka stand-stand makan tempoe doeloe. Selain itu juga ada stand ramalan, crafting, barang-barang jadul, buku jadul, distro mini tapi yang berkesan seh yang tempoe doeloe itu soalnya namanya ajah pasar Kangen. Makan tempoe doeloe pasti ada di sini.Syangnya aku menikmati Pasar Kangen ini cuma sebentar ajah soalnya saya kan lagi bersama cowok-cowok galau.hahaha...

      Festival Kesenian Yogyakarta (Twitter : @fky25)
 
Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) ini adalah acara tahuan Jogja yang sangat dinati- nati oleh warga Jogja. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, FKY kali ini di adakan di Plaza Ngasem (ex Pasar Burung/Hewan Ngasem) yang berlangsung dari tanggal 25 Juni – 5 Juli 2013.

Datangnya aku ke FKY sebenrnya tanpa rencana, karena waktu itu hari Minggu, 30 Juni 2013 habis motret Septa di Taman Sari, KAN DEKATAN TUH Taman Sari sama Plaza Ngasem jadi mampir da. Mbeh ternyata rame banget. Gak ahnaya wisatawan lokal loh wisatan asing juga banyak. FKY kali ini menurut aku lebih greget and fresh banget. Aku suka sama tema dekorasinya, layout stand dan acara yang disunguhkan.  Stand yang di tampilkan juga macem-macem, dari crafting, jajan pasar tempoe doeloe sampai fotografi yang lensa manual. Hal yang bikin aku nyesel adalah gak kebagian atau gak bisa lihat tepatnya yaitu Bioskop Fky sama Jogja Mapping Video Project (JMVP). Semoga tahun depan masih bisa ditemukan dengan FKY. Aamiin


Art Jog 13 (Twitter : @artjog)

 
Pintu Masuk ART JOG 13
Kalau cara ini baru pertama kali aku kunjungi walaupun udah di adakain beberapa tahun terakhir ini di tempat yang sma yaitu Taman Budaya Yogyakarta (TBY). Art JOG kali ini berlangsung dari tanggal 6- 20 Juli 2013. Untuk tahun ini temanya adalah Maritime Culture yang dibungkus rapi oleh @papermoonpuppet  dan @EFND_iwan.*Account Twitter*

Karya Yang tertampang di halaman TBY
 
Borderless Floating Island - Entang Wiharso
Totalitas ini namanya
 
Amaury Breteau - La Mer

Catatan Pinggir #1 -  Dedi Sufriadi

Uli Narsis di salah satu karya

Suasana ART JOG 13

Missing Vessel -  Anusapati

Pasir Island

Salah satu karya yang di sajian di ARTJOG 13

Inget waktu kecil gegera karya ini

Kereeen __

The Fort - Made Wianta

Kali ini aku datang ke Art Jog sebenernya nebeng maksa Uli yang mau ketempat Miko buat ambil mukena bali. Rayuan melas aku ternyata berhasil dan Uli mau ngajak aku terus mampir ke ART JOG 13. Di ART JOG 13 ini merupakan sebuah pameran lukisan, seni rupa, fotografi dll dari para seniman Indonesia bahakan luar negeri. Hal yang bikin aku wow adalah totalitas panita yang rela jebol atap demi display karya loh. Hal yang aku suka selain karya seni adalah ketika melihat para seniman menikmati sebiah karya, bertemu dan bercakap. Entah kenapa aku slalu suka melihat seniman dari dandan dan all about dia berseni.

Miss Risna

Perempuan yang terlahir dan (masih) tinggal di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Punya tekad buat explore plus santai manja di ujungnya baratnya Indonesia, alamnya Indonesia Timur, lihat oppa-oppa langsung di negaranya, menginjakan kaki di daratan negara Penjajah Indonesia dan bakalan kolaborasi sama idola Aamiin ^^v.

2 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung di Story Of Miss Risna, Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini ( NO SARA ) ^^v